Input Mouse dan KeyBoard dengan Unity
Kunjugi Budi Luhur University
pada kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara menangkap dan menggunakan input dari Mouse dan Keyboard. Pada setiap game PC pada umumnya akan menggunakan Keyboard ataupun Mouse. Mungkin dapat menggunakan peripheral tambahan, tetapi pada kali ini kita tidak akan menjelaskanya.
Mouse
Pada umumnya Mouse memiliki 3 tombol utama, yaitu kiri, tengah, dan kanan. ada juga tipe mouse gaming yang memiliki lebih dari tombol tersebut. kita dapat menangkap dan menggunakan aksi pada setiap tombol yang ditekan. untuk mencoba melakukanya, mari kita buat contoh.
apabila belum mengikuti penjelasan sebelumnya, silahkan klik disini.
1. Membuat File Script
Kita bebas memberikan nama pada file Script. disini kita berikan nama "inputMouse"
2. Inisialisasi Variabel
Kita inisialisasi teks1 sampai 4 untuk menampung respon dari tiap tindakan yang diambil.
jmlScroll untuk menghitung berapa kali kita menggunakan scroll pada suatu arah, dan delta merupakan arah dari mouse scroll tersebut.
Pada saat pertama kali program dijalankan. maka jmlScroll selalu 0.
3. Script Menangkap Aksi Mouse
pada baris 19 digunakan untuk menangkap aksi dari tombol mouse kiri yang ditekan
pada baris 23 digunakan untuk menangkap aksi dari tombol mouse kanan yang ditekan
pada baris 28 digunakan untuk menangkap posisi dari kursor mouse
pada baris 30 digunakan untuk menangkap aksi dari scroll mouse
pada 19 da 23 terdapat perbedaan, tetapi fungsi yang digunakan sama saja.
dan pada input mouse scroll terdapat komparasi dengan 0, karena jika mouse scroll ke atas maka nilai y akan menjadi 1 jika sebaliknya akan menjadi -1
4. Membuat Tampilan GUI
dengan script berikut akan menampilkan hasil dari setiap aksi yang dilaksanakan.
5. Hasil
Pada bagian posisi mouse terdapat 3 parameter, karena pada default nya mouse menggunakan vektor 3 dimensi yaitu x,y,z.
Keyboard
Keyboard merupakan komponen yang begitu penting. agar setiap game yang dibuat dapat melakukan aksi yang sesuai, dibutuhkan keyboard sebagai perantaranya. keyboard memiliki banyak tombol pilihan, dan memiliki 2 aksi. 2 aksi tersebut ialah ketika tombol ditekan, dan ketika tombol dilepas.pada unity dikenal dengan KeyUp dan KeyDown. agar lebih jelas, mari ikuti langkah berikut.
1. Buat File Script
Membuat File Script untuk input keyboard.
2. Inisialisasi Variabel
KeyCode disediakan oleh unity yang berisi sekumpulan kode key keyboard.
3. Menangkap Aksi Keyboard
pada baris 18 dan 22 mengambil aksi jika ada tombol yang ditekan.
pada baris 26 mengambil aksi jika ada tombol yang dilepas
4. Membuat Tampilan GUI
dengan script berikut akan menampilkan hasil dari setiap aksi yang dilaksanakan.
5. Hasil
Sampai Jumpa lagi!