ARRAY, CLASS, LOOPING DENGAN UNITY

Kunjugi Budi Luhur University 

ARRAY

Pada kali ini, kita akan mempelajari tipe data selain tipe data standar. Salah satu tipe data tersebut adalah Array. Array adalah sebuah tipe data yang dapat mengumpulkan satu atau lebih jenis tipe data.
Jika dalam matematika kita mengenal kata himpunan, maka pada pemrograman kita mengenal Array.

Untuk mengenal lebih dalam apa itu Array dan bagaimana menggunakanya, kita akan membuat contoh. apabila tidak mengikuti penjelasan sebelumnya, dapat dibaca disini.

1. Buat File C#


Cara membuat file dengan klik kanan pada project window>create>C# script. kita dapat dengan bebas memberikan nama file, tetapi nama file dengan nama kelas harus sama.

2. Insialisasi Array


kita menjadikan variabel arrayAngka menjadi public agar dapat digunakan pada fungsi lain. arrayAngka ini merupakan array dengan tipe data integer. apabila array sudah didefinisikan tipe datanya, maka tidak dapat ditugaskan dengan tipe data lain.

Contoh : 
arrayAngka bertipe data Array Integer, jika dilakukan penugasan seperti arrayAngka[0] = 1 maka dapat diterima.
namun, bagaimana jika ditugaskan dengan tipe data lain ?
jika pada inspector window, akan ditolak tanpa menampilkan apa apa. dan jika melalui code, akan menampilkan error.

3. Pemanggilan Isi Array


Pada baris 17 dan 23 variabel arrayAngka dan arrayTeks dipanggil isi dari indeks ke i dan diubah menjadi string, kemudian digabungkan dengan spasi. untuk memanggil isi dari array cukup dengan menuliskan x[i].
x : Nama variabel Array
i : Letak nilai yang ingin dipanggil di dalam array

4. Penugasan Array

pada Unity, penugasan dapat dilakukan dengan 2 cara. yaitu menulis langsung dalam code dan memberikan nilai dengan inspector window. pada gambar di atas, dilakukan penugasan menggunakan inspector. 
pada tahap 2 telah dilakukan inisialisasi array dengan panjang yang belum didefinisikan. maka pada inspector window kita harus mendefinisikan berapa ukuran dari array tersebut. pada gambar tersebut didefinisikan bahwa arrayAngka memiliki panjang 3 dengan nilai 1, 2, 3. apabila ingin ditulis dalam code, dapat dilakukan dengan cara int[] arrayAngka = {1,2,3}.

5. Hasil

Code Untuk Menampilkan pada Game Display



ARRAY CLASS

tipe data array juga dapat digunakan dalam bentuk class. dengan menjadikan array class maka kita dapat menggunakan komponen komponen yang berada dalam kelas tersebut secara banyak.
untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara membuat array class, maka kita akan mencoba secara langsung.

1. Buat File C#

Membuat File baru seperti sebelumnya untuk mulai mencoba membuat arrayclass.

2. Inisialisasi ArrayClass


pada baris ke 8-12 diinisialisasikan class dengan nama kelas. untuk menjadikan class tersebut menjadi array, dilakukan pada baris ke 14 dan menjadi variabel arrayKelas.
pada baris ke 21 kelas dari arrayKelas ke i dengan ID di ubah menjadi string. dan digabungkan dengan isi.

langkah selanjutnya dapat mengikuti penjelasan sebelumnya pada langkah 4 - 5.

penugasan melalui inspector

Code Untuk Menampilkan pada Game Display

LOOPING

Kemudian yang akan kita bahas adalah looping. looping ini bukan seperti for atau while pada umumnya melainkan menggunakan invoke. lebih tepatnya melakukan invokeRepeating, yaitu melakukan pengulangan dalam interval waktu tertentu.
perintah dasarnya yaitu Invoke("fugsi",1)


Pada InvokeRepeating terdapat 3 parameter, 
parameter 1 : Fungsi callback yang akan dipanggil jika InvokeRepeating dijalankan
parameter 2 : callback akan dipanggil pada interval ke 1
parameter 3 : callback akan dipanggil berulang dengan jarak antar 1s

sekian penjelasan ini. semoga bermanfaat dan sampai berjumpa lagi!

Postingan populer dari blog ini

Terrain pada Unity

Interaksi Objek dengan Unity

Input Mouse dan KeyBoard dengan Unity