GUI Skin Pada Unity

Kunjugi Budi Luhur University 
pada kali ini kita akan membahas tentang GUI Skin.
GUI Skin sendiri adalah bagaimana tampilan GUI selama permainan berjalan. Mungkin kita sering melihatnya tetapi tidak mengetahui apa nama tersebut.

Gambar diatas ialah contoh GUI Skin, dimana setiap tombol memiliki asset sendiri yang dapat diubah dan digunakan kembali.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa dan bagaimana membuat GUI Skin, mari ikuti langkah berikut.
apabila belum mengikuti penjelasan sebelumnya, silahkan klik disini.

1. Membuat Scene Baru

Agar tidak bertumpukan dengan penjelasan sebelumnya , maka kita akan buat scene baru dengan cara klik kanan pada Project Window > Create > Scene. kemudian beri nama GUISkin

2. Buat GUI Skin


Untuk membuat GUI Skin adalah dengan klik kanan pada folder Assets > Create >GUI Skin.

3. Import Gambar Untuk GUI Skin

Silahkan Siapkan gambar yang ingin digunakan sebagai tombol pada GUI ataupun aktor
Kemudian import ke dalam project

4. Setting Font 

Jika sudah lakukan tahap sebelumnya, maka kita akan mengatur font pada GUI Skin.
disini terdapat dua jenis font, yaitu font global dan font yang ada pada setiap parameter GUI.
Font Global ada pada baris teratas, sedangkan pada setiap elemen terdapat dibawah overflow. mungkin pada elemen lain berbeda.

untuk memilih font, cukup tekan bulatan pinggir dan akan muncul dialog untuk memilih font.
disini kita akan memilih font FORTE untuk elemen Button. kemudian ubah font size menjadi 24.

5. Mengganti Background Button

setiap elemen memiliki beberapa kondisi, maka itu perlu diubah menyesuaikan kondisi yang akan dilakukan. kita akan mengubah background button ketika normal, hover dan active.

6. Mengubah Toggle Background

kita akan memanfaatkan toggle untuk control suara pada GUI skin kali ini. untuk itu, elemen toggle perlu diganti dengan icon sound.
Ubah pada setiap kondisi toggle.

7. Buat Script 

untuk mengontrol kondisi, kita memerlukan script. untuk itu silahkan membuat script c# dengan nama menuSkin.cs
ubah isi Script menjadi seperti berikut.

pada baris 12 apabila game dijalankan, maka akan mengubah nilai toggle
pada baris 13, 16, dan 19 merupakan script untuk menampilkan Button
pada baris 14, 17 dan 20 akan menampilkan respon pada setiap Button yang ditekan

setelah selesai, maka drag drop file script ke main camera pada hierarcy.
untuk mengaktifkan GUI Skin yang sudah dibuat. maka harus dipilih file GUI Skin tersebut dengan cara, membuka jendela inspector main camera kemudian pilih elemen script Menu Script dan tekan bulatan disebelahnya untuk memilih.

8. Hasil

apabila tidak terjadi kesalahan, maka akan menampilkan GUI seperti berikut.
dan apabila setiap Button ditekan, maka akan memberikan response

Sampai bertemu di penjelasan selanjutnya !

Postingan populer dari blog ini

Terrain pada Unity

Interaksi Objek dengan Unity

Input Mouse dan KeyBoard dengan Unity