Interaksi Objek dengan Unity


Kunjugi Budi Luhur University 
Pada penjelasan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara melakukan interaksi sederhana pada Unity.
Pada Unity dapat melakukan interaksi dengan objek melalui dua cara, yaitu dengan memasang script langsung pada objek, atau memasang script pada objek lain untuk digunakan pada objek yang dituju.

pada kesempatan ini kita akan mempelajari kedua cara tersebut. agar lebih jelas, maka kita akan mencoba mempraktikan langkah demi langkahnya.
Jika belum mengikuti penjelasan sebelumnya, silahkan klik disini.

1. Buat 3D Object

Pertama, Buat 3D Objek Kubus dengan cara Klik kanan pada hierarcy > 3D Object > Cube
maka akan terbentuk kubus pada layar.


2. Duplikat Object

Setelah membuat objek kubus, maka kita perlu menduplikat objek tersebut agar dapat melihat perbedaan pada setiap script.
pada unity, menduplikat objek dapat dilakukan dengan select objek kemudian menekan ctrl + d pada pengguna windows.
setelah diduplikat, maka posisikan kubus menjadi seperti gambar diatas. pada masing masing kubus diberi nama kubus1,2,3,dan 4.

3. Menambahkan Tag

salah satu pengenal pada objek ialah tag, dengan tag maka objek dapat dicari dengan tepat.
untuk melakukan assignment tag pada unity, dilakukan dengan cara berikut.
 Jika ingin menambahkan Tag sendiri, maka dapat dipilih opsi Add Tag...
Kemudian isi dengan nama tag yang diinginkan.

Jika sudah muncul nama tag yang telah dibuat, maka dapat ditugaskan ke salah satu objek pada game.
disini kita menugaskan kubus4 dengan tag kotak1.

4. Buat Script

Jika sudah melakukan langkah diatas, maka kita akan menyiapkan script untuk melakukan interaksi dengan kubus.
kita membuat script dengan nama "scriptKubus.cs"
pada baris 7, kita mendeklarasikan bahwa baris mana saja yang akan dijalankan. maka dari itu digunakan tipe data boolean.
pada baris 8, dideklarasikan untuk memilih nama kubus atau tag.
pada baris 9, dideklarasikan untuk memilih objek pada game.

kemudian kita akan membuat method update, selama game berjalan akan melakukan script tersebut.
pada semua kondisi if, dilakukan pemeriksasaan. jika if tersebut benar, maka perintah pada baris tersebut akan berjalan.

pada baris 19, objek yang diberikan script "scriptKubus.cs" akan melakukan rotasi jika Cube 1 bernilai True
pada baris 20, game akan mencari nama objek yang diberikan pada PilihKubus, kemudian melakukan rotasi jika Cube2 bernilai True
pada baris 21, game akan mencari berdasarkan tag yang diberikan pada PilihTag
pada baris 22, game akan melakukan rotasi pada objek yang dipilih, jika Cube4 bernilai True

5. Ubah Tipe Projection Camera

pilih main camera pada hierarcy kemudian akan muncul jendela inspector, kemudian ubah Projection menjadi Orthographic.
catatan : 
Orthographic merupakan tampilan seperti blue print, sehingga objek yang ada akan menjadi datar tidak memiliki jarak jauh ataupun dekat.
sedangkan perspective merupakan cara pandang seperti mata manusia. apabila benda dekat, maka benda tersebut akan terlihat lebih besar.

6. Jalankan Game

sebelum menjalankan game, berikan script yang sudah dibuat kepada salah satu objek dengan cara drag script kemudian letakan pada nama objek yang akan dipilih, pada kali ini kita akan memilih kubus1.
jika sudah, maka pilih kubus1 pada hierarcy, dan akan muncul jendela inspector.
sebelum game dijalankan, centang Cube1 pada inspector. dengan mencentang Cube1, maka script pada baris 20 akan berjalan pada kubus1 jika game dijalankan.

Jalankan Game.
Jika game dijalankan, maka kubus1 akan mengalami rotasi pada sumbu x.

kemudian apa yang terjadi jika kita beri nilai pada Pilih Kubus dan mencentang kubus2 saat game berjalan.

terlihat bahwa kubus2 mengalami rotasi pada sumbu y. 

kemudian, bagaimana jika kita lakukan hal yang sama pada Pilih Tag.

Terlihat bahwa kubus4 yang memiliki tag kotak1 mengalami rotasi.

kemudian yang terakhir adalah memilih objek.
Untuk menampilkan menu tersebut, cukup menekan lingkaran kecil pada pilih objek. kemudian kita dapat memilih objek yang tersedia pada game tersebut.

Setelah itu centang Cube4, dan lihat apa yang terjadi.

kubus3 akan mengalami rotasi, dan semua kubus pada game telah mengalami rotasi.

Silahkan dicoba menggunakan objek objek lainya, sampai bertemu di penjelasan selanjutnya.!

Postingan populer dari blog ini

Terrain pada Unity

Input Mouse dan KeyBoard dengan Unity