Simple Animation Pada Unity
Kunjugi Budi Luhur University
Pada penjelasan kali ini kita akan mecoba membuat simple animation pada game engine Unity.
Animasi dapat dibuat langsung pada Unity atau melalui aplikasi lain. salah satu yang dapat membuat animasi dan disupport pada unity adalah Blender. namun, untuk saat ini kita akan membahas bagaimana cara membuat animasi pada Unity.
Bagi yang belum mengikuti penjelasan sebelumnya, silahkan klik disini.
Pada penjelasan kali ini kita akan mecoba membuat simple animation pada game engine Unity.
Animasi dapat dibuat langsung pada Unity atau melalui aplikasi lain. salah satu yang dapat membuat animasi dan disupport pada unity adalah Blender. namun, untuk saat ini kita akan membahas bagaimana cara membuat animasi pada Unity.
Bagi yang belum mengikuti penjelasan sebelumnya, silahkan klik disini.
1. Scene
Untuk memulai pembuatan animasi, silahkan siapkan scene baru atau menggunakan scene sebelumnya.
disini kita menyiapak sebuah scene kosong dengan nama "Animasi"
2. Cube dan Plane
siapkan sebuah cube untuk kita buat animasi dan sebuah plane sebagai dasarnya.
cara membuat cube dengan klik kanan pada hierarcy window > create 3D > cube
3. Tampilkan Jendela Animation
untuk menampilkan jendela Animation dapat kita lakukan dengan klik menu window pada bagian atas > Animation > Animation
Sehingga akan muncul sebuah window baru menampilkan properti animasi
3. Buat File Animation
Buat file animation untuk objek cube, dengan cara klik objek cube pada hierarcy window > pada animation window klik create.
Kemudian akan muncul file *.anim pada project window
kita akan buat sebuah animasi kubus melompat.
3. Buat Animation
pastikan tombol record menyala agar setiap perubahan dapat terdekesi pada animation window.
ubah durasi dengan cara klik tombol dibawah kotak frame pada awal dan akhir waktu yang diingin kan
Membuat animasi Jump :
1. Pada frame awal posisikan cube diatas plane dengan jarak sumbu y sebesar 0.5
atau dapat mengikuti properti seperti ini
1. Pada frame awal posisikan cube diatas plane dengan jarak sumbu y sebesar 0.5
atau dapat mengikuti properti seperti ini
2. pada frame 5, ubah properti cube
3. pada frame 20, ubah properti cube
3. pada frame 30, copy keyframe pada frame 1 ke frame 30
maka cube kembali ke posisi awal
jika dijalankan maka cube akan melompat
3. pada frame 30, copy keyframe pada frame 1 ke frame 30
maka cube kembali ke posisi awal
jika dijalankan maka cube akan melompat
4. Toggle Animation GUI
untuk membuat sebuah toggle gui, kita akan membuat sebuah script dengan nama "toggleAnim.cs"
dan silahkan tulis code seperti ini
5. Hasil
Selamat mencoba!