Karakter dan Animasi Pada Unity
Kunjugi Budi Luhur University
pada penjelasan ini, akan membahas bagaimana mengelola karakter dan animasi pada Unity.
sebelum memulai penjelasan, ada bahan yang diperlukan yaitu:
pada penjelasan ini, akan membahas bagaimana mengelola karakter dan animasi pada Unity.
sebelum memulai penjelasan, ada bahan yang diperlukan yaitu:
Karakter dapat menggunakan karakter lainya.
bagi yang belum mengikuti penjelasan sebelumnya, silahkan klik disini.
1. Membuat Scene
untuk import standard asset harus menambahkan ke dalam my assets pada akun unity.
Setelah ditambahkan, maka dapat mendownload dan import dengan package manager pada unity.
2. Rigging
Jika sudah di import lakukan rigging dengan opsi sebagai berikut.
sehingga bone pada karakter dapat digerakan dan diaplikasikan ke animasi yang sudah dibuat.
2. Animation Controller
Buat Animation controller untuk mengontrol animasi pada karakter. cara sebagai berikut.
Pada folder lakukan klik kanan > create > Animator controller
kemudian akan muncul jendela animator.
3. Buat Parameter di Animator Controller
buat beberapa parameter di animator controller sebagai trigger untuk berubah dari satu animasi ke animasi lain.
kita membuat 3 parameter yaitu Speed, Shift dan Attack
untuk mengimpor animasi, dapat langsung di drag drop ke jendela animator.
pilih semua animasi kemudian drag ke jendela animator.
jadikan idle sebagai animasi default.
klik kanan pada state > set as layer default state.
3. Buat Transisi
Buat transisi dari state 1 ke state lain dengan cara klik kanan pada state asal > Make Transition. maka akan muncul sebuah anak panah dan silahkan pilih state tujuan.
- Animasi dari diam ke berjalan
klik transisi dan ubah properti menjadi seperti berikut.
- Animasi dari berjalan ke diam
- Walk ke Running
- Running ke Walk
4. Buat Script
Sama seperti penjelasan sebelumnya, untuk membuat script cukup klik kanan pada folder > create > C# Script
disini akan kita beri nama "karakterScript.cs"
kemudian tambahkan script berikut.
jika sudah drag drop ke karakter.
5. Hasil
Selamat mencoba