Membuat GameObject Secara Runtime di Unity
Kunjugi Budi Luhur University
Pada kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat GameObject ketika game berjalan.
Pada Unity telah disediakan fungsi bernama Instantiate() yang digunakan untuk membuat GameObject berdasarkan prefab yang telah tersedia.
Agar lebih mengetahui bagaimana cara menggunakanya, silahkan ikuti langkah langkah berikut. apabila belum mengikuti dari penjelasan sebelumnya , silahkan klik disini.
Pada kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat GameObject ketika game berjalan.
Pada Unity telah disediakan fungsi bernama Instantiate() yang digunakan untuk membuat GameObject berdasarkan prefab yang telah tersedia.
Agar lebih mengetahui bagaimana cara menggunakanya, silahkan ikuti langkah langkah berikut. apabila belum mengikuti dari penjelasan sebelumnya , silahkan klik disini.
1. Membuat Lantai 1
siapkan satu scene untuk mengikuti langkah ini, kemudian buat sebuah plane dengan nama "lantai1".
klik kanan pada jendela hierarcy > 3d Object > Plane
2. Mengatur Arah Kamera
Atur arah main camera dengan gizmo atau transform sehingga akan menampilkan display game seperti ini.
Tujuan mengubah arah main camera ialah, agar dapat melihat dengan jelas "lantai1" dan objek lainya.
3. Membuat Lantai 2
membuat lantai dua dapat dengan menduplikasi lantai 1 kemudian melakukan resize, ataupun dengan membuat objek baru seperti langkah pertama. untuk menduplikasi, gunakan perintah ctrl + d.
Kemudian ubah ukuran lantai 2 kira kira seperti di gambar, dan memiliki sudut kemiringan pada sumbu x sebesar 15 derajat.
4. Buat Empty Game Object Child Lantai 2
Untuk membuat empty game object child dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada game object "lantai2" > create empty.
Kemudian posisikan empty object tersebut sedikit diatas "lantai2" seperti pada gambar berikut.
ubah nama empt game object tersebut menjadi "titikjatuh"
5. Menambahkan Prefab
kita akan menggunakan bola sebagai prefabs. untuk membuat bola, silahkan klik kanan pada jendela hierarcy > create 3D object > Sphere
buat kreasi material masing masing. atau menggunakan material polos pada bola.
tambahkan komponen rigibody pada bola, dengan cara menuju jendela inspector > add component > rigibody.
setelah menambahkan komponen rigibody, kita akan membuat physic material agar bola dapat memantul.
untuk memberikan efek bounce pada bola, drag drop material ke bola.
setelah semuanya siap, maka kita akan membuat bola menjadi prefab. untuk mengubah bola menjadi prefab cukup dengan drag game object pada jendela hierarcy dan drop pada jendela project.
tambahkan komponen rigibody pada bola, dengan cara menuju jendela inspector > add component > rigibody.
setelah menambahkan komponen rigibody, kita akan membuat physic material agar bola dapat memantul.
membuat physic material dengan cara klik kanan pada assets > create > physic material. kemudian beri nama dengan Bounce.
ubah bounciess menjadi 0.9 agar dapat memantul.
setelah semuanya siap, maka kita akan membuat bola menjadi prefab. untuk mengubah bola menjadi prefab cukup dengan drag game object pada jendela hierarcy dan drop pada jendela project.
6. Buat Script
Buat File Script GandakanBola.cs
pada baris 11 membuat tombol sebagai toggle membuat bola.
baris 13 membuat bola dengan fungsi instantiate. pada instantiate terdapat 3 parameter,
parameter 1 : game object yang akan digandakan, disini kita akan menggandakan bola.
parameter 2 : letak bola akan digandakan
parameter 3 : rotasi dimulai.
setelah script dibuat, silahkan drag drop ke game object manapun. dan silahkan pilih game object bola dan tempat jatuhnya pada jenedela inspector.
7. Hasil
OPSI
Jika ingin menggunakan keyboard dalam menggunakan bola, silahkan menggunakan script dibawah ini.
pada baris 29 akan mengambil aksi dari key space yang dilepas.
penjelasan cukup sampai disini, semoga bermanfaat. sampai jumpa lagi!