UI System pada Unity
Kunjugi Budi Luhur University
Pada penjelasan kali ini, kita akan membahas mengenai UI System. UI System merupakan sebuah pembaharuan sejak versi 4.6 Unity. dengan ditambahkanya fitur ini, developer dapat dengan mudah membuat tampilan grafis dan cepat.
Agar lebih jelas bagaimana cara menggunakanya silahkan ikuti langkah langkah berikut.
Jika kamu belum mengikuti penjelasan sebelumnya, silahkan klik disini.
Pada penjelasan kali ini, kita akan membahas mengenai UI System. UI System merupakan sebuah pembaharuan sejak versi 4.6 Unity. dengan ditambahkanya fitur ini, developer dapat dengan mudah membuat tampilan grafis dan cepat.
Agar lebih jelas bagaimana cara menggunakanya silahkan ikuti langkah langkah berikut.
Jika kamu belum mengikuti penjelasan sebelumnya, silahkan klik disini.
1. Siapkan Scene
Seperti biasanya, kita akan menyiapkan sebuah scene. disini kita akan buat scene dengan nama "cobaUI".
2. Buat UI Panel
untuk membuat UI panel dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada hierarcy window > UI > Panel
Apabila berhasil, maka akan terbentuk gameobject canvas dengan child Panel seperti gambar berikut.
Pada panel kita akan buat sebuat input field dan sebuah button dengan tujuan menampilkan isi dari input field tersebut.
2. Ubah Ukuran UI Panel
sebelum menambahkan input field dan button, kita akan mengubah ukuran UI Panel yang sudah kita buat.
cara mengubah ukuran UI Panel sama seperti mengubah gameobject pada umumnya, dapat menggunakan scale tools ataupun rect tool. namun pada kali ini kita akan menggunakan rect tool dengan cara seperti berikut.
pada tampilan defaul, klik rect tool seperti gambar diatas.
kemudian klik gameobject yang akan diubah, disini kita akan klik gameobject panel.
kemudian ubah ukuran panel tersebut menjadi seperti ini.
3. Anchor
Pada setiap UI element terdapat sebuah component anchor yang dapat dilihat di jendela inspector seperti gambar berikut.
Jika Stretch x Stretch diklik, maka akan muncul beberapa preset yang dapat dipilih.
anchor sendiri ialah orientasi object. misal, apabila layar sebelumnya memiliki rasio 16:9 kemudian berubah menjadi 10:10 maka object dalam UI akan berubah mengikuti orientasi parentnya.
jika kita memilih stretch x stretch maka object akan berubah sesuai ukuran parent jika parent berubah.
4. Tambahkan Input Field
Untuk menambahkan Input Field dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada UI panel di hierarcy windows > UI > Input Field
Sehingga akan muncul seperti berikut.
5. Tambahkan Button
Tambahkan Button dengan cara sama seperti menambahkan input field.
kemudian posisikan button menjadi seperti berikut.
pada jendela inspector, kita dapat mengubah isi dari text button. namun sebelumnya silahkan pilih gameobject text yang berada di dalam gameobject button.
Kita akan menemukan component text sebagai berikut. dan isi dari text tersebut dapat kita ubah untuk mengganti isi dari text button.
7. Tambahkan Script
Buat script dengan nama buttonClicked.cs
Isikan dengan script berikut.
Drag and drop script tersebut ke gameobject button.
Drag and drop gameobject Text hasil untuk menampilkan hasil ke field Txt Hasil
Drag and drop gameobject Text hasil untuk input field hasil ke Isi Field
7. Tambahkan Event
Pada gameobject Button terdapat event dengan nama onClick. tambahkan sebuah aksi pada event tersebut dengan cara klik tanda tambah
Drag and drop gameobject button itu sendiri ke field dibawah Runtime.
kemudian disebelah Runtime, pilih fungsi clickMe yang telah dibuat.
7. Hasil
Selamat Mencoba!